Begini Cara Memotong Apel dengan Benar

Minggu, 01 Oktober 2017 - 04:20 WIB
Begini Cara Memotong Apel dengan Benar
Begini Cara Memotong Apel dengan Benar
A A A
JAKARTA - Jika tidak memiliki apple corer (alat pengupas inti buah), Anda terpaksa menggunakan pisau koki tajam atau paring knife (pisau kecil sepanjang 3-4 cm) untuk memotong apel. Ada beberapa cara untuk mengiris apel, dengan tingkat efisiensinya masing-masing.

Namun, apa pun metodenya, Anda harus selalu mengupas bagian inti apel! Biji apel mengandung amydgalin, yaitu zat kimia yang melepaskan sianida saat menyentuh sistem pencernaan manusia. Mengutip Wikihow, berikut cara memotong Apel dengan Benar :

1. Letakkan apel tegak lurus di atas talenan
Apel harus dapat berdiri tanpa dipegang, tetapi Anda boleh memegangnya supaya potongannya rapi.

2. Potong apel di dekat inti
Pegang pisau tajam dengan tangan dominan. Letakkan bilah pisau agak di sebelah batang dahan apel sehingga Anda tidak memotong tepat di inti buah. Namun, usahakan memotong sedekat mungkin dengan inti apel. Setelah pisau berada mantap di atas apel, tekan lurus ke bawah menuju talenan. Potong di semua sisi apel sehingga hanya inti buah yang tersisa.

Belah apel menjadi tiga atau empat potong, sesuai keinginan Anda. Apel yang dipotong empat lebih mudah dimakan, tetapi pekerjaan Anda lebih cepat selesai jika apel dibelah hanya menjadi tiga potong.

3. Buang inti buah apel
Kalau memungkinkan, komposkan inti buah Anda.Kalau tidak bisa, buang ke tempat sampah. Silakan memakan sisa apel yang ada di sekeliling inti, tetapi jangan makan biji buah apel.

4. Iris apel
Letakkan sisi datar potongan apel di talenan. Kemudian, iris atau potong dadu buah apel Anda menggunakan pisau. Anda bisa mengiris apel untuk dimakan atau dipanggang. Coba potong dadu apel Anda untuk dicampurkan ke dalam salad atau makanan lain.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6522 seconds (0.1#10.140)